PERANGKAT LUNAK APLIKASI KHUSUS (SPSS)

SPSS

     SPSS adalah sebuah program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya. Beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan pointing dan clicking mouse.

SPSS banyak digunakan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya system operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows (mulai dari versi 6.0 sampai versi terbaru sekarang).

Pada awalnya SPSS dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu social, sehingga kepanjangan SPSS itu sendiri adalah Statistikal Package for the Social Sciens. Sekarang kemampuan SPSS diperluas untuk melayani berbagai jenis pengguna (user), seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu sains dan lainnya. Dengan demikian, sekarang kepanjangan dari SPSS Statistical Product and Service Solutions.

  • SEJARAH

   SPSS (awalnya, Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) dirilis dalam versi pertama pada tahun 1968 setelah dikembangkan oleh Norman H. Nie dan C. Hadlai Hull. Norman Nie kemudian sebuah ilmu politik pascasarjana di Stanford University , dan sekarang Riset Profesor di Departemen Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago .

    SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistik dalam ilmu sosial . Hal ini digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran dan lain-lain. SPSS asli manual (Nie, Bent & Hull, 1970) telah digambarkan sebagai salah satu “buku sosiologi yang paling berpengaruh”. Selain analisis statistik, manajemen data (kasus seleksi, file yang membentuk kembali, membuat data turunan) dan data dokumentasi (sebuah metadata kamus disimpan di datafile) adalah fitur dari perangkat lunak dasar.

  • MENU DALAM SPSS

Ketika anda menjalankan program SPSS, anda akan disuguhkan tampilan seperti ini :

  • Dan beberapa menu lainya di aplikasi SPSS adalah :

– Data Editor : Digunakan untuk memasukkan, mendefinisikan, mengedit, menampilkan data dan menjalankan analisis data

– Data Viewer : Tampilan untuk melihat hasil analisis data, termasuk tabel dan chart

– Pivot Table Editor : Pivot table editor adalah fasilitas untuk memodifikasi tabel hasil analisis data. Anda bisa mengedit tabel ini dengan mengklik dua kali tabel tertentu.

– Chart Editor : Chart editor adalah fasilitas untuk memodifikasi chart (histogram, bar chart, scatterplot).

– Syntax Editor : Menampilkan perintah-perintah khusus SPSS.

– Dialog Box : Akan tampil setiap kali anda memilih sebuah pilihan dalam menu untuk meminta informasi yang detail.

  • Prosedur Menentukan Variabel

– Nama variabel (name): berikan nama variabel dalam SPSS.

– Type: default value 8.

– Decimals: anda bisa mengatur pecahan desimal dibelakang 0.

– Label: deskripsi variabel yang digunakan, akan muncul dalam output analisis SPSS.

  • Membuat Codebook

– Merupakanserangkaian instruksi untuk mengubah informasi/data yang didapat dari responden (kuesioner) menjadi satu bentuk yang dapat dipahami oleh SPSS.

– Pembuatan codebook meliputi:

– Menentukan dan memberi nama variabel.

– Memberikan skore/nilai pada setiap informasi/data (respon).

  • Membuat File Data

– Di Data Editor terdiri dari dua layar: Data view dan Variable View

– Pada data view, masing-masing kolom berlabel “var” yang harus anda rubah dengan nama variabel yang anda tentukan. Untuk merubahnya klik variabel view dan ganti labelnya (lihat codebook)

  • Aturan Pemberian Nama Variable

– Harus unik (tidak boleh ada yang sama)

– Terdiri kurang dari 8 karakter atau max 64 karakter untuk SPSS 13.0 keatas

– Harus dimulai dengan huruf bukan angka

– Tidak terdiri dari titik, koma atau karakter sejenis (?!”# dll)

– Tidak berisi kata-kata yang digunakan sebagai perintah SPSS (all, ne, eq, le,it, by, or, gt, and, not, ge, with)

By Duwi Bayu Pratomo

Leave a comment